Templates by BIGtheme NET
Home » Kliping Media » Prakarsa WWF Dalam Pengelolaan DAS Peusangan Nanggroe Aceh Darussalam
Dari atas ke bawah: 1. Baliho kegiatan. 2. Nana Firman, Koordinator Program Aceh WWF-Indonesia memberikan masukan kepada forum. 3. Peserta pertemuan dalam diskusi. 4. Lanskap DAS Peusangan. (WWF Indonesia/ Azhar)

Prakarsa WWF Dalam Pengelolaan DAS Peusangan Nanggroe Aceh Darussalam

TAKENGON – WWF berhasil memprakarsai pertemuan lima daerah, Selasa (25/3), untuk membahas Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan bersama-sama dengan Forum Pemulihan Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia (FPKLHI) Aceh Tengah dan LSM Silfa. Pertemuan kali ini membahas kerjasama yang sinergis untuk pengelolaan DAS Paeusangan dari hulu ke hilir oleh lima daerah tersebut.

Ketua Tim Pertemuan DAS Peusangan, Dede Suhendra, mengatakan kelima daerah yang membahas permasalah tersebut adalah Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen, Aceh Tengah, dan Kota Lhokseumawe. Menurutnya, selama ini belum ada kerjasama yang terpadu dalam pengelolaan DAS Peusangan, sehingga mekanisme kompensasi bagi pihak hulu yang memasok ari ke hilir juga belum jelas. Pertemuan antara pemangku kepentingan kali ini diharapkan mampu merumuskan system pengelolaan secara ekologis bagi DAS tersebut.

DAS Peusangan merupakan suatu satuan wilayah sungai (SWS) yang memiliki panjang 1.836,20 kilometer, luas DPS 15.212.09 dan memiliki sungai sebanyak 107 buah. Sementara potensi air mencapai 16.573.744.800 meter kubik.

Nantinya pengelolaan DAS yang sering dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi seperti irigasi, rekreasi, pertanian, perikanan, maupun kepentingan lainnya diharapkan dapat dilakukan secara terpadu, meski kenyataannya kini masih banyak program-program yang tumpang tindih dan saling menyalahkan. [Harian Serambi Indonesia / 26 Maret 2008]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful