Templates by BIGtheme NET
Home » Berita » Koalisi PJT Kembali Gelar Pelatihan Penambangan Pasir Yang Bertanggung Jawab
Pelaksanaan Training Penambangan Pasir Yang Bertanggung Jawab di Hotel Rajawali, Lhokseumawe yang dilaksanakan pada 19-20 Juni 2017 (Foto/FDKP)

Koalisi PJT Kembali Gelar Pelatihan Penambangan Pasir Yang Bertanggung Jawab

Daspeusangan.org | Koalisi Peusangan, Jambo Aye dan Tamiang yang terdiri dari WWF, FDKP dan BSUIA kembali menggelar pelatihan penambangan pasir yang bertanggung jawab bagi cso, kepala desa dan perwakilan masyarakat dari Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen, Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, guna mendiskusikan persoalan penambangan pasir yang kian merusakan DAS Peusangan. Pelatihan tersebut berlangsung di Hotel Rajawali, Lhokseumawe pada 19-20 Juni 2017, sebelumnya pelatihan penambangan pasir tersbut dilangsungkan di Fajar Hotel, Bireuen pada 17-18 Mei 2017.

“Kita perlu menyelamatkan DAS Peusangan dari kerusakan akibat penambangan pasir, kita harus bersama-sama menyelamatkan sumber air,” kata Ketua Umum FDKP, Suhaimi Hamid pada saat membuka pelatihan tersebut, Senin (19/6).

Kata Suhaimi, kerusakan DAS Peusangan dari aktivitas penambangan pasir telah nyata. Kata dia, kerusakan Jembatan Kuta Blang, Bireuen, jebolnya tanggul penahan yang dibangun PT Arun NGL, dan pencemaran air.

“Mari kita sama-sama mendorong penambangan pasir yang bertanggung jawab, sehingga DAS tetap terjaga,” tutup Suhaimi.

Pelatihan penambangan pasir yang bertanggung jawab tentang pelaporan penambangan pasir ilegal dipandu Direktur Eksekutif Daerah WALHI Aceh, Muhammad Nur. Kata dia, penambangan pasir yang bertanggung jawab adalah penambangan yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sebelum melakukan penambangan, penambang harus mengurus izin sesuai peraturan perundang-undangan, sehingga penambangan itu legal dan bertanggung jawab,” katanya.

Sementara pelatihan menggunakan media untuk melaporkan kasus penambangan pasir di pandu Imran. MA, wartawan Tempo. Kata dia, peserta harus bisa menulis berita, guna mengirimkan kepada media mainstream agar dipublikasi.

“Untuk memudahkan advokasi, penting setiap kasus mendapatkan dukungan publikasi media mainstream,” kata dia. ****

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful