Templates by BIGtheme NET
Home » Berita » Rekomendasi Izin Usaha Pertambangan Harus Diawasi Pemerintah Kecamatan

Rekomendasi Izin Usaha Pertambangan Harus Diawasi Pemerintah Kecamatan

Daspeusangan.org | Demi menjaga daerah aliran sungai, Forum DAS Krueng Peusangan (FDKP) kembali bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bireuen. Kerjasama kali ini bertujuan untuk mensosialisasikan prosedur perizinan dan non perizinan pertambangan pasir dan batuan untuk aparatur pemerintah kecamatan dalam Kabupaten Bireuen di Hotel Fajar, 14 Desember 2017 lalu.

Dalam sambutannya Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Dinas PMPK dan UKM Kabupaten Bireuen Drs Husaini menegaskan bahwa rekomendasi pertambangan pasir dan batuan tetap dari kecamatan. Tahap awal yang harus dilalui adalah geuchik kemudian tingkat kecamatan. Bagi pihak kecamatan sekurang-kurangnya melihat kondisi sekitar lokasi pertambangan atau berkoordinasi dengan pihak geuchik.

Dalam sesi diskusi, Safrizal ST Kabid Lingkungan Hidup Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bireuen juga mengatakan pertambangan pasir dan batu telah banyak menyebabkan dampak buruk pada lingkungan.

“Salah satu hal yang bisa kita lakukan saat ini adalah restorasi untuk pengembalian kembali ke kondisi semula. Bagi aparatur di kecamatan agar dapat melihat kondisi sekitar dan sosial budaya masyarakat sebelum member rekomendasi pertambangan.”

Mirza, S. Kom   MM Kasie Informasi dan Pengaduan Dinas PMPK dan UKM Bireuen juga turut menjelaskan tata cara prosedur permohonan IUP. Menurutnya, banyak dampak negatif yang telah terjadi, namun permintaan pasar meningkat, kebutuhan pasokan pasir dan batu terlebih karena adanya dana desa. Untuk mengontrol ini, pihak perusahaan memohon izin usaha pertambangan (IUP).

“Kita harus bersama-sama menyelesaikan kasus lingkungan di Bireuen. Lingkungan harus tetap terjaga. Kita hadir bukan untuk  mneutup mata pencaharian masyarakat, tapi bagaimana kita tetap menjaga keseimbangan ekologi dna potensi ekonomi di wilayah aliran sungai,” tutup Abdul Halim Field manager FDKP []

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful