Templates by BIGtheme NET
Home » Berita » Masyarakat Cot Girek dan Lubuk Pusaka Berlatih Mitigasi Konflik Gajah

Masyarakat Cot Girek dan Lubuk Pusaka Berlatih Mitigasi Konflik Gajah

Puluhan masyarakat Gampong Cot Girek dan Lubuk Pusaka, Aceh Utara mengikuti pelatihan mitigasi konflik. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya diadakan oleh WWF dan FDKP dengan menghadirkan Samsuardi dari WWF Riau dan dua Flying Squad Riau. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari mulai tanggal 27 Juni sampai 29 Juni 2018.

Pada hari pertama, masyarakat diajak untuk mengevalusi pelatihan yang telah diikuti sebelumnya dan proses mitigasi gajah yang telah dilakukan. Sedangkan hari kedua, masyarakat diajak berada di lapangan yang dekat dengan lokasi gajah.

“Yang kita harapkan bukan membunuh gajah, tetapi kita ingin hasil panen baik dan gajah tetap hidup. Gajah merupakan hewan yang harus kita lindungi,” Jelas anggota WWF Riau yang kerap dipanggil Samsu ini.

Menurutnya, apabila kita ingin berkebun maka kenali dulu mana yang merupakan jalur gajah. Apabila itu jalur gajah maka jangan berkebun di sana karena kebun kita hanya akan dirusak gajah. Jika melakukan pengusiran maka dilakukan dengan baik dan jelas. “Jangan sampai merusak kebun orang lain.. Kita harus kompak dalam penanganan gajah tersebut.”tambahnya.

Alat mengusir gajah yang utama adalah meriam karena dapat kita kontrol. Pengusiran tidak  direkomendasikan menggunakan mercon karena berisiko tinggi, namun boleh dipakai bila mendesak sekali. “Jangan mengusir gajah menggunakan mercon  karena akan membuat gelap, gajah pun panik dan tidak melihat ada kita di sana.”

Saat mengusir gajah, ditegaskan untuk tidak memperbanyak bunyi karena akan mmbuat gajah bingung, cukup satu tempat. Manusia harus berkomunikasi baik dengan. Gajah pun akan mengerti bahwa dia tidak diinginkan pada arah sumber suara. “Meriam karbit merupakan alat komunikasi dengan gajah. Suara meriam yang terdengar oleh gajah merupakan arah yang tidak diinginkan datang gajah.” tegas Samsu

Mengusir gajah baiknya dilakukan siang hari dan dengan strategi yang baik dan terkoordinir. Masyarakat Cot Girek dan Lubuk Pusak setuju untuk menunjuk beberapa koordinator dalam mitigasi gajah ke depannya. “Ketika melakukan mitigasi konflik gajah awali dengan niat yang baik, bukan untuk menyakiti gajah,” tutupnya.

 

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful