Home » Berita » FDKP Ajak Masyarakat Pantau Dampak Penambangan Pasir dan Batuan

FDKP Ajak Masyarakat Pantau Dampak Penambangan Pasir dan Batuan

Bireuen | Ketua Umum Forum DAS Krueng Peusangan, Suhaimi Hamid mengajak, masyarakat sekitar agar peduli terhadap dampak kerusakan lingkungan, akibat penambangan pasir dan batuan di Kecaman Simpang Mamplam khususunya dan Bireuen pada umumnya.

“Masyarakat dan pemuda harus berperan aktif memantau dampak kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir dan batuan, kita tidak boleh menjadi penonton di tengah kerusakan alam dan lingkungan yang kian mengkhawatirkan,” kata Suhaimi Hamid, dihadapan ratusan peserta Diskusi dan Sosialisasi Dampak Kerusakan Lingkungan akibat Penambangan Pasir dan Batuan di Kabupaten Bireuen, pada Rabu, 23 Januari 2019 di Gampong I Rhob, Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen.

Menurut Suhaimi, pengawasan yang dilakukan pemerintah sangat lemah, sehingga aktifitas penambangan yang dilakukan secara tidak bertanggungjawab dan merusak alam. Kata Suhaimi, kala bencana terjadi, baru pemerintah hadir dengan kegiatan tanggap darurat.

Sementara itu, Kepala Bidang Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Safrizal, ST yang menjadi narasumber pada acara tersebut menjelaskan, persoalan penambangan pasir yang tidak bertanggungjawab di Kabupaten Bireuen harus segera di hentikan, karena itu pemerintah menghimbau, agar masyarakat ikut serta mengawasi aktifitas penambangan pasir dan batuan ilegal.

“Kita harus bersama-sama mengawasi dampak kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir dan batuan di Bireuen, pemuda dan masyarakat harus ambil bagian dalam rangka menyelamatkan planet bumi ini,” pinta Safrizal.

Hal senada disampaikan narasumber lainnya, Jaswar. Ia meminta agar masyarakat dan pemuda ikut membangun desa. Kata dia, desa saat ini mendapat kucuran dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera.

“Masyarakat dan pemuda tidak boleh apatis, kita harus memberikan kontribusi bagi pembangunan desa, pembangunan yang dilakukan pemerintah desa juga harus memperhatikan aspek-aspek lingkungan hidup, jangan sampai dengan adanya dana desa, lingkungan sekitar kian rusak,” pinta Jaswar. []

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful