Templates by BIGtheme NET
Home » Berita » Tenaga Pendidik Aceh Utara dan Langsa Belajar Kewirausahaan Hijau

Tenaga Pendidik Aceh Utara dan Langsa Belajar Kewirausahaan Hijau

WWF melalui program SRJSnya yang bermitra dengan FDKP dan Balai syura  mengadakan pendampingan peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan stakeholder dalam kewirausahaan hijau dikawasan DAS PJT kepada sekolah bimbingan di Aceh Utara dan Langsa. Tiga sekolah tersebut merupakan SD N 11 Sawang, SD N 8 Langkahan, dan SD N 9 Langsa. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 28 Februari sampai 1 Maret 2019 di Hotel Singapore, Lhokseumawe.

Pedampingan ini dilakukan untuk menggalakan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (PPB) atau Education suistinable development (ESD). Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengenalkan kepedulian terhadap lingkungan. Prinsip pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan yaitu bertindak terhadap lingkungan secara total, secara alami dan mengembangkan teknologi dan sosial (ekonomi, politik, sejarah, moral, estetika). Poin perhatian PPB bukan hanya tentang alam dan lingkungan, akan tetapi juga dengan ekonomi, dan kesejahteraan sosial.

Pedampingan kewirausahaan mengenalkan sebuah cara untuk berkontribusi dalam sebuah pembangunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan bagi masyarakat. Inisiatif untuk membangun usaha kecil merupakan salah satu cara yang dapat menjadi alat untuk menyedikan pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat lokal khususnya sekolah. Pedampingan ini diharapkan bisa menjadi penambahan kapasitas para guru yang mewakili sekolah untuk menpraktekkan kewirausahaan hijau disekolahnya. Bukan hanya guru yang mewakili sekolah namun dapat juga diimplementasikan ke masyarakat sekitarnya.

“Agar sekolah dapat lebih mandiri, maka kita akan mencoba menggali potensi untuk dijadikan wirausaha hijau di sekolah. Usaha yang dilakukan adalah tetap menguntungkan namun tidak merusak lingkungan,” jelas Rini fasilitator WWF Indonesia.

Sebagai rencana tindak lanjut, peserta diajak untuk membuat rencana usaha ramah lingkungan dengan melihat potensi wilayah, sumber daya, pemasaran, keuntungan hingga dampak terhadap sosial dan lingkungan. []

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful