Templates by BIGtheme NET
Home » TENTANG KAMI

TENTANG KAMI

Permasalahan kurang terkoordirnya pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan merupakan isu yang sangat berpotensi dapat merusak DAS Peusangan. Selama ini pengelolaan DAS ini di batasi oleh batas administrasi, sehingga menjadi kendala pengelolaan DAS Peusangan.

Atas dasar itu salah satu upaya saat ini tengah dilakukan mendorong mendorong kelima kabupaten dan kota yaitu; Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen, Lhokseumawe dan Aceh Utara dalam pengelolaan DAS Peusangan.

Sampai saat ini, lima kabupaten/kota tersebut sudah menyatakan komitmennya untuk melakukan pengelolaan bersama DAS Peusangan, yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan penandatangan bersama serta didukung oleh Pemerintah Aceh.

Untuk mendukung inisiatif tersebut, banyak hal yang telah dilakukan salah satunya adalah telah tersusunya suatu rencana strategis DAS Peusangan oleh multi stakeholder (Pemerintah Daerah, Private Sector, NGO, dan masyarakat).

Pada renstra DAS Peusangan tersebut menitik beratkan pengelolaan DAS peusangan tersebut pada 5 poin utama yang dinilai sangat penting terhadap keberlangsungan fungsi ekologi, ekonomi dan sosial budaya DAS Peusangan bagi masyarakat, yaitu :

  1. Konservasi Lahan, Hutan dan Air,
  2. Mitigasi Bencana,
  3. Imbal jasa ekosistem,
  4. Pengembangan ekonomi yang ramah lingkungan, dan
  5. Penataan ruang DAS Peusangan

Forum ini di bentuk bertujuan untuk meningkatkan koordinasi atara pemerintah di kawasan hulu DAS Peusangan dan Pemehintahan daerah yang berada di kawasan hilir DAS Peusangan, tanpa mengiterpensi kewenangan dari tiap-tiap daerah.

Atas dasar tersebut maka untuk langkah selanjutnya dinilai sangat perlu memantapkan forum ini supaya dalam pengelolaan DAS Peusangan ini dapat terintegrasi antara hulu hilir DAS peusangan dengan mendorong forum koordinasi dan komunikasi tersebut kedalam wadah yang lebih permanen yaitu Forum DAS Krueng Peusangan (FDKP).

Dengan perubahan menjadi Forum DAS Peusangan yang nantinya diharapkan  bisa diakui oleh Pemerintah Aceh dengan ditetapkannya kedalam sebuah surat keputusan gubernur, akan semakin memperkuat upaya pengelolaan DAS Peusangan secara terpadu dan berkelanjutan. Hal ini didukung pula dengan adanya kebijakan nasional dalam bidang kehutanan untuk mendorong pembentukan forum DAS.

Tujuan

  • Terbentuknya Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan, sebagai wadah untuk mendorong dan mengimplementasikan pengelolaan das terpadu dan berkelanjutan.
  • Tersusunnya pengurus dan disepakatinya rencana strategis yang sudah disusun sebelumnya menjadi rencana strategis pengelolaan DAS Peusangan.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful